Breaking

Tuesday, November 26, 2019

Mendengarkan - Pertanyaan Pemantauan Studio

Suka makan brownies tapi malas membuatnya di rumah karena gak punya mixer? Tenang sekarang membuat brownies sangat mudah dan praktis langsung cek di haan.co.id resep brownies sederhana tanpa menggunakan mixer hasilnya enak, lembut, dan tentunya anti gagal. Pemantauan di studio musik, cukup sederhana, bagian terpenting dari studio

Studio Anda mungkin berisi peralatan paling canggih yang tersedia, tetapi tanpa pemantauan yang akurat, Anda tidak akan pernah mendengar campuran yang akurat, yang agak tidak berguna, bukan ?! Jadi, apa perbedaan antara sepasang speaker hi fi dan monitor studio yang sebenarnya?

Baik. Hi fi speaker melebih-lebihkan posisi terendah, dan sering kali tertinggi, untuk menciptakan dampak maksimal. Ini bagus untuk didengarkan, tetapi jarang akurat. Studio monitor dirancang agar sangat akurat untuk memastikan reproduksi nyata dari apa yang sebenarnya direkam. Mereka juga dibangun dengan standar yang jauh lebih kuat dan rumit dari pada speaker hi fi, untuk memenuhi tuntutan penggunaan studio yang penuh semangat


Monitor harus terdengar sangat transparan untuk memungkinkan Anda mencampur bagian-bagian musik seperti vokal, bass, dan bahkan jalur reverb tanpa setiap bagian bertabrakan menjadi satu dan lainnya. Untuk sepenuhnya memahami konsep pemantauan, Anda harus memahami bahwa itu adalah seni. Lebih dari sekadar menempatkan sepasang speaker di dalam ruangan dengan nyaman

Kami semua berbeda, seperti juga monitor studio, dan kami menggunakan monitor yang paling nyaman bagi kami dan dapat menilai campurannya dengan baik. Saya telah menggunakan Yamaha NS10, Dyn-Audio dan Tannoys selama bertahun-tahun, tetapi telah puas dengan sepasang Alesis M1 aktif untuk pemantauan jarak dekat dan sepasang Alesis Monitor Dua untuk pemantauan lini tengah. Itu adalah preferensi pribadi saya dan apa yang biasa saya lakukan

Ada monitor yang lebih mahal tersedia di pasaran, tetapi hasil yang sangat akurat dapat dicapai dengan monitor yang lebih murah hanya dengan mengikuti beberapa aturan sederhana. Saat memantau, Anda mendengarkan penempatan suara, dinamika, persamaan, jejak gema, gema, dan penundaan, dll. Monitor yang ditempatkan dengan benar memungkinkan Anda melakukan ini. Hi fi speaker, betapapun baiknya, jangan!

Campuran yang profesional dan terekam dengan baik akan terdengar bagus dalam hal apa pun, dan itulah prinsip terpenting yang harus diingat. Jika Anda menggunakan sepasang speaker hi fi untuk memantau, mix Anda mungkin terdengar bagus untuk ANDA pada speaker THOSE, tapi saya jamin itu tidak akan terdengar bagus untuk orang lain di tempat lain!

Jadi, aturan pertama adalah, jangan gunakan speaker hi fi untuk memantau

Monitor Nearfield dimaksudkan untuk dipasang dekat dengan pendengar. Idenya adalah untuk meningkatkan jalur akustik langsung antara pembicara dan pendengar dengan membuatnya lebih pendek, sehingga memberikan lebih sedikit kesempatan bagi suara yang dipantulkan untuk kembali masuk dan mengacaukan segalanya

Dengan pemantauan nearfield, lingkungan akustik di sekitarnya menjadi lebih sedikit masalah. Namun, cobalah untuk mengoptimalkan lingkungan mendengarkan sedapat mungkin dan waspadai efek bahwa ukuran ruang mendengarkan dapat memiliki respons frekuensi rendah. Biasanya, semakin kecil ruangan, semakin kuat ujung bawahnya

Penempatan speaker yang ideal berada di luar ruangan, jauh dari dinding samping dan belakang, dan permukaan reflektif seperti ubin, jendela atau puncak meja. Sayangnya, dan khususnya di studio rumah, ini tidak selalu mungkin. Jadi lakukan apa yang praktis dengan lingkungan yang Anda miliki

Jarak fisik antara speaker sangat penting, sekitar 3 kaki terpisah.Satu set monitor yang baik, jika diposisikan dengan benar di ruangan yang cukup non-gema, akan memberikan hasil yang akurat. Harus ada jarak yang sama antara pendengar dan salah satu pembicara. Dengan kata lain, pendengar dan dua penutur adalah tiga sudut segitiga dengan panjang sisi yang sama

Kedua speaker harus diputar sesuai sehingga dari posisi utama Anda, Anda hanya melihat wajah kedua speaker. Selain itu, telinga Anda harus sejajar dengan tweeter, jadi, jika Anda menempatkan speaker lebih tinggi, mungkin di rak atau dinding yang dipasang di kurung, maka speaker harus dimiringkan sesuai

Sebagian besar studio menggunakan speaker monitor dalam posisi horizontal. Pengaturan ini akan mempromosikan gambar tengah yang sangat terfokus, ideal untuk vokalis, misalnya. Dan karena lebar gambar lebih sempit, suara dapat ditempatkan dengan presisi lebih besar daripada saat speaker ditempatkan secara vertikal. Juga, dalam posisi horizontal, akan ada lebih sedikit peluang refleksi pertama dari lingkungan studio mewarnai campuran Anda

Namun, bukan berarti monitor tidak boleh digunakan dalam posisi vertikal. Memang, beberapa produsen merekomendasikan bahwa dalam situasi 'sempurna', memang seharusnya begitu. Dengan penempatan vertikal, Anda dapat mendengar perpaduan dengan tingkat suara terdalam dan seluas mungkin. Tetapi pola dispersi yang luas ini dapat menambah pantulan yang kuat pada suara yang Anda dengar, membuat campuran menjadi keruh, karenanya lebih disukai untuk posisi horizontal

Aturan untuk monitor lini tengah sama dengan nearfield, kecuali bahwa segitiga tiga sudut jauh lebih besar, biasanya minimal 6 kaki

Jadi, aturan kedua adalah, letakkan monitor dengan benar, baca instruksi yang menyertai monitor dan dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan mendengarkan Anda. Saat merekam untuk waktu yang lama, Anda akan kelelahan mendengarkan, Jadi istirahatlah secara teratur setiap beberapa jam. Sungguh menakjubkan betapa berbedanya berbagai hal ketika Anda kembali dengan segar.

Ada juga pepatah lama; “Jika sebuah lagu terdengar bagus di volume rendah, itu akan terdengar bagus di level apa pun. Tetapi lagu yang terdengar sangat keras tidak selalu terdengar bagus pada volume yang lebih rendah ” Pikirkan juga efek pada pendengaran Anda dari waktu ke waktu ketika terus-menerus mendengarkan pada tingkat yang keras!

Jadi, aturan ketiga adalah, istirahat secara teratur saat merekam, jadikan level mendengarkan reguler Anda masuk akal dan dengarkan hanya pada level yang lebih keras sesekali, untuk tujuan feel dan bass.

Tentu saja ada tempat untuk stereo mobil dan hi fi dalam prosesnya. Ketika saya senang dengan campuran itu, saya mendengarkan hi fi dan stereo mobil saya. Jika kedengarannya masih bagus, maka saya yakin itu campuran yang bagus

Jadi, aturan keempat adalah, campuran profesional, yang direkam dengan baik akan terdengar bagus di sistem apa pun. Jadi gunakan stereo mobil Anda dan hi fi untuk 'memeriksa akhir' campuran Anda

No comments:

Post a Comment